Unit Humas dan Kerjasama Fakultas Farmasi Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Media Digital
Oleh : Mukti Priastomo
MEDIA digital saat ini telah menjadi sumber utama masyarakat Indonesia untuk melakukan proses pencarian informasi. Sebanyak 64% dari total 272, 1 juta jumlah penduduk di Indonesia kini telah terhubung melalui internet (Global Digital Reports, 2020). Sementara yang aktif menggunakan internet sebanyak 59%.
Hal ini menjadikan media digital sebagai sarana peyebaran informasi yang popular dan efektif. Jangkauannya yang massif, menjadikan informasi yang ditampilkan pada media digital dapat diakses lebih banyak orang. Namun demikian, beberapa variable mempengaruhi ketertarikan netizen untuk mengakses media tersebut. Antara lain kemudahan akses media, tampilan media, informasi yang ditampilkan, hosting website, serta fitur navigasi yang memudahkan.
Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman telah memiliki beberapa platform media digital yang dikelola, yakni website dengan alamat situs https://farmasi.unmul.ac.id/, media sosial Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube. Keseluruhan media digital ini dikelola oleh Unit Humas dan Kerjasama Fakultas Farmasi. Namun demikian, pengelolaan media digital ini belum optimal. Oleh sebab itu dilaksanakan pelatihan yang dapat menunjang peningkatan keterampilan pengelola Unit Humas dan Kerjasama Fakultas Farmasi.
Kegiatan pelatihan berlangsung pada hari Sabtu, 10 Oktober 2020 dengan metode daring menggunakan media Zoom Meeting. Acara dimulai dengan penyampaian laporan oleh Ketua Unit Humas dan Kerjasama Fakultas Farmasi, apt. Mukti Priastomo, M.Si yang kemudian dirangkaikan dengan pengarahan dan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. apt. Yurika Sastyarina, M.Farm.
“Kita di Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman sudah memiliki unit humas dan kerjasama sejak tahun 2018. Namun baru ada proses penataan sejak tahun 2019 hingga sekarang. Bentuk penataan tersebut salah satunya dengan pelatihan yang diselenggarakan pada hari ini. Kami berharap dengan pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan media digital milik Fakultas Farmasi,” jelas Dr. apt. Yurika Sastyarina, M.Farm di dalam sambutannya.
Setelah acara tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dimulai dari penjelasan mengenai dasar-dasar kehumasan dan tata kelola kehumasan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Humas Universitas Mulawarman yang diwakili oleh Bapak Firdan Farezal. Beranjak pada acara kedua yakni penjelasan mengenai proses penanganan website dan media sosial Universitas Mulawarman oleh Bapak Reza dan Bapak Robby.

Pada rangkaian acara terakhir, disampaikan materi mengenai pemilihan dan pembuatan konten yang tepat oleh Ibu Kezia Arum Sary, S.DS.,M.Med, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Ia menyampaikan bahwa pembuatan konten haruslah informatif dan menarik. (Hum/FF/MP)